Nama Kelompok
1. Achmad Habibi 10211072
2. Aditia Permana 19211017
3. Afrizal Tanama 10211293
3. Afrizal Tanama 10211293
3. Arya Manggal 11211220
4. Qahar Jayatantara 15211685
Kelas : 3EA07
Perilaku dalam berbelanja sepeda motor dilihat dari faktor budaya, sosial pribadi dan psikologisnya.
1.1 Latar belakang
Motor telah ada lebih dari seabad. Keberadan kendaraan bermotor telah membawa perubahan besar sejak di kenalkan motor industri. Sepada motor sampai saat kini berkembang sangat pesat dan bertumbuh cepat bagaikan kebutuhan yang sangat amat di butuhkan oleh manusia sebagai suatu alat transportasi pribadi jarak dekat ataupun jarak jauh, khususnya di indonesia, sepeda motor selain untuk bekerja, belanja dan jalan-jalan tetapi juga untuk pergi ke kampung halaman ( mudik ). Oleh sebab itu sepeda motor untuk saat ini sangat merajai dan merajaleka dimana pun sebagai pokok kehidupan.
1.2 Pembahasan
Dilihat dari faktor Budaya, sosial, pribadi dan psikologisnya
l Faktor budaya
Faktor kebudayaan berpengaruh luas dan mendalam terhadap perilaku pembelian konsumen dalam faktor kebudayaan ini terdapat beberapa komponen antara lain: Budaya, budaya merupakan faktor penentu yang paling mendasar dari segi keinginan dan perilaku seseorang karena kebudayaan menyangkut segala aspek kehidupan manusia. Menurut kotler (2005:224) kebudayaan adalah determinan paling fundamental dari keinginan dan perilaku konsumen.
Contoh : Seseorang membeli sepeda motor dikarena budaya di likungannya yang menggunakan sepeda motor sebagai alat transportasi sehari-hari.
l Faktor Sosial
Selain faktor budaya, perilaku seorang konsumen juga dipengaruhi oleh faktor-faktor sosial seperti kelompok acuan, keluarga, serta perandan status. Kelompok acuan, kelompok acuan seseorang terdiri dari semua kelompok yang memiliki pengaruh langsung atau tidak langsung terhadap sikap atau perilaku seseorang. Kelompok acuan juga mempengaruhi perilaku dan konsep pribadi seseorang. kelompok acuan menciptakan tekanan untuk mengikuti kebiasaan kelompok yang mungkin mempengaruhi pilihan produk dan merek aktual seseorang. Keluarga, keluarga merupakan organisasi pembelian konsumen yang paling penting dalam masyarakat dan ia telah menjadi obyek penelitian yang luas. Anggota keluarga merupakan kelompok acuan primer yang paling berpengaruh. Pengaruh yang lebih langsung terhadap perilaku pembelian sehari-hari adalah keluarga prokreasi yaitu pasangan dan anak-anak. Peran dan status, peran meliputi kegiatan yang diharapkan akan dilakukan oleh seseoang. masing-masing peran menghasilkan status.
contoh : Seseorang membeli sepeda motor dikarenakan kondisi ekonomi nya yang menengah kebawah, dan sederajat dilikungan dimana iya tinggal.
l Faktor Pribadi
Faktor pribadi merupakan cara mengumpulkan dan mengelompokkan kekonsistenan reaksi seorang individu terhadap situasi yang sedang terjadi (Lamb,2001:221). Perilaku seseorang dalam membeli sesuatu juga dipengaruhi oleh faktor-faktor kepribadian dari konsumen yang bersangkutan. Faktor pribadi menggabungkan antara tatanan psikologis dan pengaruh lingkungan. Termasuk watak, dasar seseorang, terutama karakteristik dominan mereka. Meskipun kepribadian adalah salah satu konsep yang berguna dalam mempelajari perilaku konsumen, beberapa pemasar percaya bahwa kepribadian mempengaruhi jenis-jenis dan merek-merek produk yang dibeli.
Contoh : seseorang tersebut membeli sepeda motor dikarenakan sikap nya yang merasa gengsi atau malu apabila dilingkungan dimana ia tinggal hanya ia yang tidak mempunyai sepeda motor.
l Faktor Psikologis
Pilihan pembelian konsumen dipengaruhi oleh empat faktor psikologi utama yaitu: motivasi, persepsi, pembelajaran, serta keyakinan dan pendirian. Motivasi, konsumen memiliki banyak kebutuhan pada waktu tertentu, beberapa kebutuhan bersifat biogenis. Persepsi, seseorang konsumen yang termotivasi akan siap untuk bertindak, bagaimana seorang konsumen yang termotivasi akan dipengaruhi oleh persepsinya terhadap situasi tertentu. Menurut Kotler (2005:197) persepsi adalah proses yang digunakan oleh konsumen untuk memilih, mengorganisasi, dan menginterprestasikan masukan-masukan informasi guna menciptakan gambaran dunia yang memiliki arti.Menurut machfoedz persepsi adalah proses memilih,penyusunan,dan penafsiran informasi untuk mendapatkan arti. Persepsi tidak hanya bergantung pada rangsangan fisik tetapi juga pada rangsangan yang berhubungan dengan lingkungan sekitar dan keadaan individu yang bersangkutan.
Contoh : ia akan membeli sepeda motor itu dikarenakan ia termotivikasi oleh lingkungan sekitar yang telah mempunyai sepeda motor.
Sumber : http://dwitaariyanti.blogspot.com/2011/06/makalah-motor-arus-dc-direct-current.html
Sumber : http://dwitaariyanti.blogspot.com/2011/06/makalah-motor-arus-dc-direct-current.html
Caesars Casino & Resort in Las Vegas Will Get A $250 M Resort
BalasHapusCaesars 울산광역 출장마사지 Entertainment Inc. (“Caesars”) is 거제 출장샵 getting a $250 million resort upgrade 전라북도 출장마사지 in Las 울산광역 출장마사지 Vegas. 경상남도 출장샵 The project, called Caesars